Baca juga:

    Surga Kesunyian Tersembunyi di Tana Samawa , Dimana Ya?
    Butuh ketenangan disela-sela aktivitas kamu? Butuh pemikiran untuk karir mu? Butuh kawasan untuk memperbesar imajinasi kamu? Nah , sisihkan waktu luang kau untuk berlibur ke pulau yang satu ini nih. Dijamin tak akan menyesal.

    Senang kawasan rekreasi yang sifat nya 'privately' nggak mau campur dengan lainnya , nggak suka kegaduhan , ingin menikmati ketenangan daya tarik nya sendiri? Boleh nih di coba tiba ke Sumbawa. Eits bukan di Pulau Komodo aja yang rupawan. Ini juga tak kalah menawan dengan keelokan alamnya. Ada dongeng tersembunyi dibalik keindahannya. Dimana ya itu?

    Ada perumpamaan "tak kenal maka tak sayang" sebelum kesana , kau 'research' dahulu nih mudah-mudahan enggak ketinggalan info-infonya di Aladin. Menyesal kau jikalau tak menyaksikan , niscaya tersesat deh , salah pilih kawasan yang enggak sunyi. Kami akan sedikit mengulas beberapa kawasan rekreasi dengan paket tour bernuansa 'kesunyian yang haqiqi di Tana Sumawa'. Inilah kawasan sunyi yang haqiqi ala Sumbawa:

    1. Air Terjun Ai Beling

    Nama teladas yang berasal dari kisah tragis seorang wanita yang bunuh diri akhir tidak di restui oleh sang bapak menikah dengan lelaki idaman. Ada pelancong yang mendengar arwahnya meringik-ringik menangis sedih.

    Surga tersenyembunyi ini memang agak horror tetapi damai aja situasi disana tak sesuai yang digosipkan. Terkalahkan oleh derasnya pedoman air yang menyegarkan indera pendengaran sambil menikmati angin sepoy-sepoy. Lokasinya di Dusun Amo , Brang Rei , Kecamatan Moyo Halu. Air Terjun satu ini , belum banyak terdengar oleh pelancong setempat maupun gila kok. Kamu dapat mencelupkan kaki di dinginnya air Ai Beling ini.

    2. Air Terjun Kalela

    Berjalan jauh diatas tanah yang masih alami , menapaki anak tangga yang tidak sedikit , berkeringat sementara diantara pepohonan tinggi ,berjalan menikmati kicauan burung liar. Tanpa terjaga kau sudah menyusuri perjalanan indah.

    Hingga risikonya kau terbayarkan oleh situasi embun pagi yang masih dekat di tengah-tengah nuansa air biru terpancarkan terang , dibawah teriknya matahari pagi Air Terjun Kalela. Air nya yang kebiruan , menghasilkan mata segar kembali di saat melihatnya. Tak jauh dari kota Sumbawa Barat , di Desa Labuan Lalar. Tempat yang menyimpan keindahan ini.

    3. Pantai Lawar/Sengkongkang

    Topik yang berlainan dari info yang diatas. Berjalan di tengah sejuknya hutan di Sumbawa cuma tak cukup , jikalau tidak menapaki kaki di atas pasir hitam Lawar ini. Letaknya yang terpencil ini , perjalanan yang menyibukkan ditempuh , jalanan yang belum beraspal cuma dapat lalui 1 kendaraan saja.

    Tak mengurungkan niat untuk tidak jadi mengunjugi pantai ini. Kamu akan mendapat segi ketentraman dan kesunyian yang kau idamkan di saat duduk santai di Pantai Lawar. Masih higienis , tak ada sampah berceceran di sekeliling menghasilkan kau betah. Letaknya dekat Pantai Maluk cuma 10 menit jaraknya.

    Semakin damai dengan berenang bareng biota bahari Lawar , surfing indah diatas ombaknya sampai senja menghampiri. Kapan lagi dapat menikmati kesunyian ini.