Baca juga:

    Memahami Apa Itu Bandwidth , Cara Kerja dan Fungsinya

    Apa itu Bandwidth? Mungkin itu pertanyaan yang sering timbul dibenak kalian yang serupa sekali tidak tahu pemahaman , cara kerja dan fungsinya secara lengkap. Namun , bagi yang sering berselancar di Internet atau kerja yang berafiliasi dengan hal itu , mungkin tidak absurd lagi dengan kata bandwidth.


    Bagi kau yang belum paham fungsi yang luas dari bandwidth , silahkan simak sedikit penjelasannya berikut.


    Apa itu Bandwidth?

    Bandwidth merupakan konsumsi yang digunakan dikala adanya transfer data dalam bentuk bit/second atau bit per detik (bps) , antara server dengan client dalam waktu tertentu. Atau definisi yang lain yakni bandwidth merupakan rentang frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam transmisi medium.


    Dari klarifikasi diatas , sanggup ditarik kesimpulan bahwa kapasitas maksimum bandwidth pada jalur komunikasi digunakan untuk mentransfer data dalam hitungan detik. Makara , fungsi bandwidth merupakan untuk menjumlah data yang dikirim.


    Bandwidth dalam jaringan komputer sering digunakan selaku kata padanan kata untuk Data Transfer Rate atau jumlah data yang diantarkan dari satu titik ke titik lain dalam waktu tertentu (biasanya dalam detik).


    Jika kita menggunakan koneksi LAN 100 mbps (local area network) , yang berarti sanggup menjalankan transaksi data optimal 100 megabit per detik (mbps). Atau modem yang melakukan pekerjaan dalam 57.600 bps memiliki bandwidth 2 kali lebih besar dari modem yang melakukan pekerjaan dalam 28.800 bps.


    Jika komputer memiliki jaringan dengan bandwidth yang besar atau tinggi , maka komputer tersebut memungkinkan untuk mengirim foto , video atau streaming video.


    Berikut ilustrasi singkat dari bandwidth:


    Memahami Apa Itu Bandwidth , Cara Kerja dan Fungsinya
    (sumber: http://qilat.id)

    Pengertian Bandwidth Digital dan Analog

    Dalam jaringan komputer , bandwidth dibagi menjadi dua jenis; digital dan analog , berikut penjelasannya.


    • Bandwidth digital , volume atau kuantitas data (dalam bps atau bit per detik) pada jaringan yang sanggup dikirim lewat terusan komunikasi tanpa distorsi.
    • Bandwidth analog , memiliki perbedaan frekuensi antara frekuensi paling rendah dan tertinggi dalam rentang frekuensi yang diukur dalam Hertz (Hz) , dan sanggup menyeleksi jumlah gunjingan data yang sanggup di transmisikan.

    Kesimpulan

    Dengan klarifikasi perihal bandwidth diatas , maka sanggup ditarik kesimpulan bahwa bandwidth merupakan perumpamaan dari jumlah data yang hendak diantarkan satu perangkat jaringan ke jaringan lainnya. Atau sanggup mempunyai arti , kesanggupan maksimum transfer data yang sanggup dilaksanakan oleh suatu perangkat jaringan komputer.