Baca juga:

    Macam-Macam Jenis Kualitas Video dan Perbandingannya

    Perkembangan dunia teknologi hadir secara merata dalam banyak sekali bidang , tidak terkecuali dalam grafis video. Bertambahnya waktu , mutu dalam video mengalami kenaikan mutu menjadi lebih baik dan sungguh terang perbedaannya apabila mutu video ketika ini kita bandingkan dengan mutu video pada tahun 90-an.


    Bagi kau pencinta film , mungkin telah tak heran lagi dengan macam-macam jenis mutu video seumpama CAM , HDRip , Blu-ray , atau lain sebagainya. Berbagai jenis mutu tersebut memiliki perbedaan , utamanya pada grafis dan suara.


    Jika kalian tahu jenis mutu tersebut dan tidak paham perihal perbedaan masing-masingnya , dibawah ini akan kita ulas secara lengkap.


    Macam-Macam Jenis Kualitas Video dan Perbandingannya

    1. CAM

    Kualitas CAM memiliki grafis yang sungguh jelek , dan sanggup kita bilang jenis ini ialah mutu paling jelek diantara mutu video lainnya.


    Video CAM sendiri sanggup didapat dengan cara merekam lewat ponsel atau kamera yang memungkinkan video tersebut goyang / tidak stabil , suara-suara lain (bukan dari video) , benda yang membatasi , atau lain sebagainya.


    Walaupun jenis CAM telah mengalami kemajuan mutu , yakni HD CAM yang memiliki resolusi 1366x768. Namun ini masih sungguh tidak dianjurkan , alasannya sungguh tidak tenteram apabila dilihat , akan tetapi kembali lagi kedalam selera masing-masing.


    2. TS (Telesync)

    Kualitas TS sedikit lebih baik dari CAM dan ketika ini juga telah berubah menjadi HDTS , tetapi masih saja tidak layak untuk ditonton.


    Perbedaan TS dengan CAM nyaris tidak ada bedanya. Untuk mutu grafis , TS dan CAM nyaris tidak ada bedanya. Namun apabila mutu bunyi , TS lebih baik ketimbang CAM dan memiliki perbedaan yang agak mencolok.


    TS biasa dihasilkan dengan cara merekam menggunakan kamera profesional di atas tripod di erat proyeksi dengan Audio ditangkap eksklusif dari sumber suara. Bisa dikatakan TS yakni jenis CAM yang bermutu tinggi.


    3. DVDScr (DVD Screener)

    DVDScr memiliki mutu diatas CAM dan TS , sehingga sungguh banyak penggunanya. DVDScr sebduru yakni salinan dari film yang diantarkan dari studio film (DVD-Video disc) sebelum tanggal rilis resmi dari DVD terhadap pengkritik film , forum sensor , dll.


    Salinan ini biasanya memiliki mutu tinggi dan nyaris mendetail , tetapi memiliki sedikit pelengkap pada video.


    Tambahan tersebut tergolong pada penghitung waktu , gulungan , adegan hitam & putih , atau mengandung gunjingan anti pembajakan.


    4. PVPRip (Pay-Per-View Rip)

    Definisi dari PPVRip yakni suatu mutu video yang lazim diambil dari suatu video rekaman layar televisi dan dihubungkan dengan perekam video seumpama DVD Recorder misalnya.


    Untuk kualitasnya , PPVRip memiliki mutu yang cukup anggun dan nyaris sama dengan mutu video pada DVDRip. Format perekamannya pun sungguh anggun dan sanggup dijadikan alternatif lain selain DVDRip yang masih belum pasti sanggup kita temui.


    5. WEBRip

    WEBRip memiliki mutu grafis lebih baik ketimbang empat format video diatas , tetapi memiliki bunyi yang kurang anggun alasannya terlampau banyak suara.


    Format ini biasanya digunakan untuk layanan streaming seumpama DiscoveryGO , BBC iPlayer , Crunchyroll , dll. Untuk kualitasnya sering kali seimbang atau bahkan lebih unggul dari WEB-DL , tetapi memiliki bitrate lebih rendah dengan tujuan untuk mengurangi bandwidth streaming.


    6. DVDRip

    DVDRip yakni suatu format model tamat dari film , biasanya dirilis sebelum hadir di luar kawasan asalnya. Tidak sedikit kalangan pembajak film merilis DVD Rip dengan mutu tinggi , sehingga jadwal perilisan film tersebut akan terhenti.


    Dirilis dengan format AVI dan menggunakan instruksi XviD untuk video , dan biasanya menggunakan MP3 atau AC3 untuk Audio.


    Dikarenakan kualitasnya yang tinggi , DVD-Rip pada lazimnya mengambil alih salinan sebelumnya yang mungkin telah beredar.


    7. HDRip / HDTV

    HDRip yakni model encoded dari sumber manapun seumpama HDTV , menjadi ukuran file yang lebih kecil meskipun sumber aslinya dalam resolusi yang lebih tinggi.


    Kualitas grafis gambar yang dihasilkan lebih baik dari DVDRip dan HDRip dengan pemberian resolusi 720p untuk 1080p , bahkan sanggup menjadi opsi yang bagus dibandingkan dengan mutu lain.


    HDRip dihasilkan dari TVRip dengan mutu HD , sehingga gambar dan bunyi lebih dari cukup dan layak untuk ditonton.


    8. WEB-DL

    Kualitas gambar yang dimiliki WEB-DL sungguh anggun , meskipun masih dibawah Blu-ray. Format WEB-DL digunakan pada situs distribusi online , seumpama iTunes.


    Tingginya mutu yang dihasilkan alasannya tidak dikodekan ulang , dan biasanya diekstrak dari file iTunes atau AmazonVideo yang berikutnya dikonversikan ke dalam MKV tanpa mengurasi kualitas.


    Kelebihan dari WEB-DL yakni pada lazimnya video yang dihasilkan tidak punya logo jaringan pada layar , seumpama BD/DVDRip.


    9. BRRip (Blu-ray Rip)

    Blu-ray Rip ialah mutu gambar yang dikompresi dari Blu-ray sehingga ukurannya tidak terlampau besar. BRRip yakni mutu video yang paling baik diantara mutu video yang lain diatas , baik itu gambar ataupun suara.


    Mirip dengan DVD-Rip , cuma saja berlainan sumber. Banyak yang salah mengetahui bahwa BDRip dan BRRip yakni mutu yang sama. BDRip hadir eksklusif dari sumber Blu-ray yang ditranskode.


    Penutup

    Dari macam-macam jenis mutu video atau film diatas , sanggup kita simpulkan bahwa masing-masing jenis memiliki mutu yang berlainan , baik itu dari sisi gambar atau suara. Untuk format jenis HDRip , HDTV , WEB-DL , dan Blu-ray Rip sungguh dianjurkan , alasannya memiliki mutu yang lebih dari cukup sehingga tidak menghasilkan pusing.