Baca juga:

    Kelebihan dan Kekurangan Lampu Led
    Lampu Led banyak dijumpai di kehidupan sehari-hari dan di banyak sekali tempat. Banyak orang sudah beralih dari lampu konvensional ke lampu ini. Lampu Light Emitting Diode) ialah lampu yang dapat memancarkan cahaya monokromatik banyak sekali warna. Lampunya tidak panas dan cahayanya lebih terperinci dari lampu pada umumnya.

    Jika Anda mau mempelajari mengenai lampu LED , maka akan banyak hal yang sanggup Anda pahami dan sanggup menjadi pertimbangan ketika Anda menegaskan lampu untuk rumah atau kantor Anda. Berikut info lengkapnya.

    Apa itu Lampu LED?

    LED atau Light Emitting Diode ialah elemen elektro yang dibikin dari materi semikonduktor. Bahan semikonduktor yang dipakai dalam pengerjaan LED akan mempengaruhi jenis warna yang dihasilkan oleh lampu tersebut. Selain memancarkan cahaya berwarna , LED juga sanggup memancarkan sinar inframerah yang tak terlihat oleh mata. Sinar inframerah ialah sinar yang serupa seumpama yang dikeluarkan oleh remote control di rumah-rumah Anda.

    Cara Kerja Lampu LED

    LED ialah keluarga semikonduktor dioda. LED melakukan pekerjaan dengan memiliki dua kutub yakni kutub konkret (anoda) dan kutub negatif (katoda). LED akan melakukan pekerjaan menciptakan cahaya apabila di dalamnya dialirkan arus yang maju dari anoda ke katoda.

    Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED


    Kelebihan

    1. Ukuran yang bervariatif

    Salah satu keistimewaan LED yakni sanggup dibuat dalam ukuran yang kecil-kecil sehingga bisa dipraktekkan pada nyaris semua jenis elektro yang dibuat ketika ini. Bentuknya seumpama dengan bohlam yang sanggup dipakai pada banyak sekali alat elektronik.

    2. Lampu Tidak Panas ketika Menyala

    LED berlawanan dengan lampu bohlam atau lampu pijar. Salah satu perbedaannya yakni proses menciptakan cahaya. Jika pada lampu pijar terjadi pembakaran filamen , maka pada LED tidak terjadi pembakaran filamen , sehingga lampu tidak panas ketika menciptakan cahaya.

    3. Warna Lampu yang Beragam

    Saat ini , lampu LED sudah banyak sekali jenisnya diantaranya warna putih , warna kuning , jingga , biru , hijau , inframerah , dan warna yang lainnya. Warna-warni ini dipengaruhi oleh jenis semikonduktor yang dipakai oleh lampu LED. Bahan semikonduktor yang dipakai antara lain Gallium Arsenide , Silicon Carbide , Gallium Indilum Nitride , dan lain-lain.

    4. Kelebihan Lain

    Selain tiga keistimewaan sebelumnya , lampu LED juga memiliki beberapa keistimewaan lain diantaranya lebih irit listrik , tidak mengandung materi berbahaya merkuri , infinit tahan usang , dan mudah diaplikasikan pada teknologi-teknologi yang ada maupun yang mau datang.

    Kekurangan Lampu LED

    1. Harga yang Mahal

    Harga lampu LED memang condong lebih mahal dibandingkan lampu jenis lain. Hal ini alasannya secara mutu dan materi baku , lampu LED memang lebih baik dari lampu pijar. Akan tetapi , harga yang mahal tak akan menciptakan Anda menyesal sudah menggunakan lampu LED alasannya LED akan tahan usang dan irit energi listrik.

    2. Tidak Menimbulkan Panas

    Hal ini dapat menjadi sebuah keistimewaan dan kehabisan sekaligus. Lampu LED yang secara sifat tidak membuat panas ketika bercahaya , sanggup menguntungkan dan sanggup pula merugikan. Semua tergantung bagaimana pemakaian dan penyeleksian Anda dalam penggunaan lampu.

    Jika Anda ingin menghangatkan telur-telur yang gres dikeluarkan oleh induk telur , maka lampu LED tidak sesuai untuk menghangatkan telur alasannya panas yang dihasilkan jiga sedikit. Akan tetapi , apabila Anda memang cuma butuh cahaya dan tak mau ada panas dalam penyahayaan tersebut , maka Anda cocok menggunakam lampu jenis LED.

    Dengan isu karakteristik lampu LED , agar anda memperoleh insight aksara lampu yang cocok dengan keperluan anda. Selanjutnya yakni mencari pedagang lampu led. Supplier lampu led sanggup anda peroleh di Indotrading.com. Sebagai direktori bisnis , Indotrading memiliki ratusan supplier lampu led. Sangat sempurna apabila anda mencari supplier yang sanggup memasok dalam jumlah besar.