Baca juga:

    Cara Tepat Penanganan Untuk Menyembuhkan Luka
    Salah satu cairan yang tidak disarankan oleh dokter untuk membersihkan luka yakni alkohol , atau yang biasa disebut desinfektan. Tapi , kenapa yang disarankan antiseptik , padahal keduanya mengandung alkohol dan punya fungsi yang serupa , Dis infektan dan antiseptik memang sama-sama dapat membunuh basil dan mensterilkan.

    Namun bedanya , antiseptik kondusif untuk kulit dan jaringan , sehingga tidak menghalangi penyembuhan luka , dan Cara cepat menyembuhkan luka. Sementara itu , desinfektan tidak sesuai untuk kulit dan lebih sering digunakan untuk membersihkan dan mensterilkan alat-alat medis lantaran dapat menghalangi penyembuhan luka. Semakin usang luka sembuh , makin tinggi juga risiko muncul bekas luka.

    Kalau Luka Sakit Pertanda Obat Bekerja , Kebanyakan orang memiliki pengertian bahwa kalau luka perih itu memiliki arti obatnya bekerja. Banyak pula produk pembersih luka yang membuat sensasi perih atau terbakar di kulit. Tapi , apakah perih itu efektif? Jawabannya , belum tentu.

    Obat luka yang disarankan di dunia medis yakni produk yang lebih tenteram digunakan pasien. Kaprikornus , walaupun sama-sama efektif , tentunya yang lebih disarankan yakni yang tidak membuat rasa perih atau iritasi kulit.

    Lalu , Pembersih Luka Apa yang Direkomendasikan Dokter?

    Cairan antiseptik memang disarankan oleh dokter , tetapi ada cairan lain yang dinilai lebih baik untuk digunakan , yakni cairan PHMB (Polyhexamethylene Biguanide Hydrochloride). PHMB ini yakni cairan yang tidak membuat iritasi , tidak membuat sensasi perih atau terbakar , dan efektif membersihkan luka.

    Selain itu , dokter menggunakan cairan ini juga lantaran tidak berwarna , sehingga memudahkan proses penanganan dan penyembuhan luka.

    PHMB juga kondusif untuk jaringan kulit

    Dahulu , PHMB cuma digunakan di dunia medis dan tidak dijual di pasaran. Namun , di sekarang ini , telah ada beberapa antiseptik yang dijual di pasaran dan mengandung cairan PHMB. Oleh lantaran itu , kalau mau berbelanja antiseptik di apotek , tanyakan ke apoteker , produk mana yang mengandung PHMB.

    Dalam proses penanganan luka , ingat ya bahwa tahapan terpenting yakni membersihkan luka. Kaprikornus , semestinya dalam membersihkan luka , Geng Sehat jangan menggunakan bahan-bahan yang tidak disarankan dokter. Ikuti usulan dokter , baik itu terkait penanganan ataupun produk yang digunakan , biar Cara biar luka cepat kering dapat secepatnya sembuh dengan baik.