Baca juga:

    5 Cara Praktis Menghemat Penggunaan Kapasitas Harddisk

    Perkembangan teknologi tidak sanggup kita hindari , penggunaan teknologi tentunya sanggup menolong dan membuat lebih mudah dalam melakukan pekerjaan sehari-hari. Tidak terkecuali teknologi komputer , yang dikala ini telah menolong insan dalam banyak hal.


    Penyimpanan data dalam komputer kian usang maka kian besar pula keperluan dalam menyimpan berkas. Jika permulaan menggunakan komputer dengan kapasitas penyimpanan 20GB saja telah cukup , tetapi dengan berjalannya waktu dirasa 100GB saja telah tidak cukup.


    Data yang paling banyak kita simpan lazimnya foto , musik , film , aplikasi dan games. Dengan kapasitas disk yang terbatas , maka kita perlu menertibkan data agar cukup dengan meminimalisir penggunaan disk agar cukup. Lalu bagaimanakah caranya?


    5 Cara Menghemat Kapasitas Harddisk

    Beberapa langkah dibawah ini berniat untuk meminimalisir penggunaan harddisk agar tidak terlampau sarat pada metode operasi Windows dengan mempergunakan fitur yang ada.


    1. Menggunakan Compress Drive

    Windows 7 hadir dengan fitur yang sanggup mengkompresi drive , hal ini berniat untuk menampilkan ruang kosong embel-embel bagi penggunanya dengan cara memadatkan berkas-berkas. Langkah pertama ini sanggup kalian jalankan bila betul-betul telah kekurangan ruang kosong dalam disk.


    Untuk menggunakan Compress drive , dengan cara buka Windows Explorer > klik kanan di salah satu partisi (kecuali partisi sistem) > pilih Properties.


    Selanjutnya di tab General , centang Compress this drive to save disk space > pilih Apply changes to drive D:\ , subfolders and files > klik OK.


    5 Cara Praktis Menghemat Penggunaan Kapasitas Harddisk

    Kita memutuskan untuk melaksanakan kompresi pada subfolder dan files dengan tujuan mengkompresi seluruh data yang ada dalam partisi tersebut. Jangan kita jalankan kompresi untuk partisi metode , alasannya sanggup saja terjadi crash.


    2. Menggunakan Compress Folder

    Jika pada cara pertama diatas yaitu mengkompresi seluruh isi dari partisi tertentu , maka pada cara kedua ini kita cuma melaksanakan kompresi pada folder tertentu saja. Cara ini biasa dijalankan ketika kita tak mau mengkompresi seluruh folder dan isinya.


    Contohnya bila kita ingin mengkompresi satu atau beberapa folder saja , menyerupai cuma folder film dan musik. Kita sanggup melakukannya dengan cara klik kanan pada folder tersebut > pilih Properties , maka jendela gres akan terbuka.


    Selanjutnya klik Advanced > kemudian centang Compress contents to save disk space > klik OK.


    5 Cara Praktis Menghemat Penggunaan Kapasitas Harddisk

    3. Membersihkan file sampah

    Kita tahu bahwa file sampah memanglah sungguh tak punya kegunaan dan cuma akan menyanggupi memori kosong saja utamanya pada partisi. Untuk menghapusnya , kita sanggup menggunakan aplikasi pihak ketiga menyerupai CCleaner.


    Atau dengan menggunakan fitur bawaan Windows , dengan cara klik kanan pada partisi tertentu dan pilih Properties > pada tab General , klik Disk Cleanup > centang semua di files to delete > klik OK.


    5 Cara Praktis Menghemat Penggunaan Kapasitas Harddisk

    4. Kompres Folder atau File yang Jarang Digunakan

    Didalam suatu komputer , niscaya ada saja data yang sungguh jarang sekali digunakan. Untuk itu , alangkah lebih baiknya kita arsip saja dengan cara mengkompresi file tersebut dengan tujuan untuk memperkecil ukuran tanpa mesti menghapusnya.


    Untuk mengkompresi , kita memerlukan aplikasi menyerupai Winrar. Jika telah punya , klik kanan pada file atau folder yang mau kita arsip > kemudian pilih Add to archive.


    5 Cara Praktis Menghemat Penggunaan Kapasitas Harddisk

    Kemudian akan timbul jendela baru. Pada compression method , pilih Best dengan tujuan untuk mengkompresi agar ukuran menjadi sekecil mungkin > bila telah , klik OK.


    5 Cara Praktis Menghemat Penggunaan Kapasitas Harddisk

    5. Gunakan Cloud Storage

    Jika kita memiliki koneksi internet lebih , maka lebih diusulkan untuk menggunakan cloud storage atau penyimpanan awan. Hal ini berniat agar disk yang kita punya tidak akan terbebani oleh file tersebut.


    Saat ini telah banyak website penyedia layanan penyimpanan awan , menyerupai yang telah saya bagikan sebelumnya 5 layanan cloud storage terbaik dan tentunya gratis. Penyimpanan awan juga sanggup menjadi alternatif selaku disk yang kondusif dalam menyimpan data.


    Penutup

    Beberapa kiat diatas sanggup kalian coba sendiri untuk meminimalisir dan meminimalisir penggunaan disk yang sungguh terbatas. Dan bila kalian merasa khawatir alasannya data sanggup saja hilang , maka lebih diusulkan untuk mempersiapkan cadangan data.